Ayo Cari Tahu Di Mana Letak Tahun Terbit Nomor Ijazah SMA dan SMK

alvina

Member
Ketika melihat Ijazah, banyak dari netizen merasa kebingungan mencari nomor ijazah dan tanggal yang ada dalam ijazah mereka. Umumnya keperluan untuk memperoleh no ijazah ini adalah untuk memasukkan nomor ini ke dalam isian riwayat hidup atau curricullum vitae yang diperlukan untuk melamar kerja atau untuk melanjutkan sekolah.


Baik letak nomor ijazah SMA maupun nomor ijazah SMK tidak ada bedanya. Anda bisa melihat letak no ijazah dan letak tanggal ijazah Anda tanpa perlu bantuan bertanya mencari tahu dimana letak tanggal ijazah Anda. Yang Anda perlukan adalah kejelian dalam memilah mana nomor dan mana tanggal serta kelengkapan data lainnya yang ada dalam ijazah


Table of Contents

Pengertian Ijazah dan Struktur di Dalamnya

Sebenarnya data apa saja sih yang ada dalam ijazah dan berisi apa saja ijazah Anda itu? Selain itu Anda perlu juga mengenal mengenai bentuk dan jenis ijazah sehingga Anda dapat dengan pasti mengetahui dimana letak tahun terbit dan nomor Ijazah Anda.


Saya juga dulu bingung dalam menentukan yang mana nomor ijazah dan mana bagian yang bukan nomor ijazah, sampai akhirnya saya mempelajari dengan mengenal bagian dari kelengkapan data yang ada dalam ijazah tersebut.

Pengertian Ijazah

Seperti halnya dokumen negara pada umumnya, ijazah merupakan salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara dalam hal ini dinas pendidikan sebagai bentuk bukti dan pengakuan terhadap kelulusan seseorang dari sebuah institusi pendidikan beserta dengan informasi prestasinya yang ditunjukkan oleh nilai-nilai hasil ujian akhir yang telah ditempuh oleh yang bersangkutan.


Dalam sistem pendidikan di Indonesia kita mengenal jenjang pendidikan, yaitu mulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, termasuk di dalamnya Pendidikan Tinggi setingkat Sarjana S1, S2, S3, dan Post Doctoral.


Sebagai bentuk pembuktian kelulusan di tiap tingkat itulah ada dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang di Institusi tersebut (kepala sekolah, rektor) yang menyatakan kelulusan seseorang di institusi pendidikan yang dipimpinnya. Oleh karena itu ijazah disebut juga sebagai dokumen yang sifatnya personal karena memang hanya ditujukan untuk satu individu saja dan tidak dapat dipindahtangankan.

Struktur Dalam Ijazah

Ada format baku yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan yang diwakili oleh Dinas Pendidikan di dalam struktur otonomi daerah dalam penentuan format ijazah. Adanya blangko ijazah umumnya disediakan secara terpusat di Dinas Pendidikan di Tingkat Provinsi untuk keperluan di Ijazah di provinsi tersebut.


Jadi jangan heran di tiap daerah memiliki struktur blangko ijazah yang berbeda karena memang pengadaannya dilakukan oleh unit yang berbeda antar provinsi. Terlebih lagi kalau kita melihat dari Tahun ke Tahun blangko ijazah ini dapat berubah tata letaknya karena adanya perubahan desain.


Perubahan desain ini bukanlah sesuatu yang tidak disengaja, tapi merupakan salah satu upaya dinas pendidikan untuk menghindarkan terjadinya pemalsuan Ijazah. Dalam pemeriksaan, dapat diketahui sebuah ijazah palsu atau asli hanya dengan melihat dari desain blangko ijazahnya dan perbandingannya dengan tahun penerbitan ijazah.


Adapun daftar nilai yang terletak di bagian belakang dari blangko ijazah dapat juga berbeda tata letaknya karena disesuaikan dengan mata pelajaran yang mungkin saja berbeda jumlahnya di tiap dinas pendidikan provinsi.

Kode Dalam Ijazah

Setiap blangko ijazah memiliki kode di dalamnya yang berfungsi untuk menunjukkan dasar kurikulum yang digunakan pada saat dilakukan ujian akhir nasional. Pada saat ini kurikulum yang berlaku adalah kurikulum 2006, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi 2018

Letak Nomor dan Tanggal Ijazah

Seperti halnya dokumen resmi negara, maka penulisan nomor dan tanggal ijazah adalah sesuatu yang harus terlihat dengan jelas dan tidak boleh ada kesalahan dalam penulisan. Pada sat ini nomor dan tanggal ijazah umumnya sudah dicetak menggunakan komputer dan tidak ditulis tangan lagi seperti dulu, juga adanya penambahan digital signature berupa barcode pada ijazah untuk memperkuat pengamanannya terhadap adanya pemalsuan atau penggandaan ijazah.

1600516005411.png

Dari gambar di atas terlihat bahwa Letak Nomor dan Tanggal Keputusan Kepala Dinas ada pada bagian yang ditulis tangan yang terletak di bagian tengah ijazah. Pada umumnya nomor ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan setempat Sehingga sequence dan format penulisan nomor dan tanggalnya adalah mengacu sepenuhnya kepada kepala dinas pendidikan.

Hati-hati, dari gambar di atas banyak orang terkecoh dengan menganggap nomor dan tanggal keputusan kepala dinas sebagai nomor ijazah.

1600516058806.png

Bila kita mempelajari blangko ijazah SMA seperti dalam gambar di atas, diketahui bahwa nomor ijazah adalah sesuatu yang diawali dengan tulisan: DN- …………. Ma/13 0000000

Arti dan Kode Nomor Ijazah

Nomor yang ada dalam ijazah memiliki arti dan kode yang tertentu seperti halnya contoh:
  • DN-01 Ma/06 0000001 untuk menunjukkan Kurikulum 2006; atau
  • DN-01 Ma/13 0000001 untuk menunjukkan Kurikulum 2013
Kata “DN” dalam nomor ijazah, berarti “Dalam Negeri” diikuti dengan sejumlah kode provinsi tempat ijazah tersebut dikeluarkan sebagai berikut:

DN-01 = DKI Jakarta
DN-02 = Jawa Barat
DN-03 = Jawa Tengah
DN-04 = DI Yogyakarta
DN-05 = Jawa Timur
DN-06 = Aceh
DN-07 = Sumatera Utara
DN-08 = Sumatera Barat
DN-09 = Riau
DN-10 = Jambi
DN-11 = Sumatera Selatan
DN-12 = Lampung
DN-13 = Kalimantan Barat
DN-14 = Kalimantan Tengah
DN-15 = Kalimantan Selatan
DN-16 = Kalimantan Timur
DN-17 = Sulawesi Utara
DN-18 = Sulawesi Tengah
DN-19 = Sulawesi Selatan
DN-20 = SulawesiTenggara
DN-21 = Maluku
DN-22 = Bali
DN-23 = Nusa Tenggara Barat
DN-24 = Nusa Tenggara Timur
DN-25 = Papua
DN-26 = Bengkulu
DN-27 = Maluku Utara
DN-28 = Bangka Belitung
DN-29 = Gorontalo
DN-30 = Banten
DN-31 = Kepulauan Riau
DN-32 = Sulawesi Barat
DN-33 = Papua Barat
DN-34 = Kalimantan Utara

Adapun untuk sekolah “Luar Negeri”, maka kodenya adalah “LN” dengan ketentuan nomor yang berbeda di tiap negara, seperti contoh berikut:

LN-01 = Singapura
LN-02 = Malaysia
LN-03 = Hongkong
LN-04 = Arab Saudi
LN-05 = Taiwan

Untuk nomor seri di-sesuaikan berdasarkan sequence pencetakan ijazah yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan setempat.

Kelengkapan Data dalam Ijazah

Selain nomor dan tanggal ijazah, informasi umum yang dapat diperoleh dari selembar ijazah antara lain:
  1. Nama Sekolah;
  2. Nama siswa/murid;
  3. Nama orang-tua/wali murid ybs;
  4. Nomor induk siswa;
  5. Keterangan LULUS / TIDAK LULUS;
  6. Nomor Keputusan Kepala Dinas;
  7. Tanggal dan Tempat ditanda-tanganinya Ijazah
  8. Nama dan Tanda Tangan Kepala Sekolah;
  9. Foto, Tandatangan dan Cap Tiga Jari Siwa;
  10. Nomor Ijazah
Kesimpulan

Untuk mencari nomor ijazah tidaklah sulit, cukup mencari ke bagian bawah dari lembar ijazah dan cari nomor yang diawali dengan huruf “DN” diikuti dengan sejumlah huruf dan angka yang merupakan satu kesatuan dalam nomor ijazah.

Adapun untuk tanggal ijazah adalah mengacu pada tanggal penandatanganan ijazah oleh kepala sekolah.

Demikian penjelasan dari kami mengenai cara mengetahui letak nomor dan tanggal ijazah, semoga bermanfaat silakan share atau komentar di bagian bawah artikel ini.
 
Top