Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 1

alvina

Member
Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan, Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16


Tema 7 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 1


kunci jawaban tematik





Kunci Jawaban Tematik Halaman 2

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempahrempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.



1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?

Jawab:

Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat mahal/tinggi



2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?

Jawab:

Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak



3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?

Jawab:

Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.


Ayo Membaca
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.



kunci jawaban tematik


kunci jawaban tematik



Kunci Jawaban Tematik Halaman 6
Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?

Jawab:

Yang dimaksud bangsa Barat adalah bangsa-bangsa Eropa



2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia?

Jawab:

Ingin menguasai daerah penghasil rempah-rempah



3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?

Jawab:

Tahun 1511



4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?

Jawab:

Tidore dan Maluku



5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?

Jawab:

• Mencari kekayaan (Gold)

• Menyebarkan agama (Gospel)

• Mencari kejayaan (Glory)

• Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)



6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Jawab:

Menderita


Kunci Jawaban Tematik Halaman 7
Ayo Berdiskusi

Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.



Judul teks :

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Bagian yang paling menarik :

• Harga rempah-rempah sangat mahal, semahal emas

• Bangsa Eropa yang datang pertama kali adalah Portugis/Portugal

• Faktor-faktor penjelajahan dan penjajahan adalah 3G (Gold, Gospel, Glory) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)




Informasi penting :

Faktor penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat :

• Mencari kekayaan (Gold)

• Menyebarkan agama (Gospel)

• Mencari kejayaan (Glory)

• Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)



Pendapat saya tentang teks ini :

Bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia



Saya menyarankan/tidak menyaranka teks ini karena :


Saya menyarankan teks ini karena berisi pengetahuan yang bermanfaat tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia


Kunci Jawaban Tematik Halaman 8
Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!



PORTUGIS

Tahun Kedatangan :

1511



Tempat/Daerah :

Pantai utara Sumatra dan daerah Malaka



Tujuan :

Mencari daerah penghasil rempah-rempah dan menguasai pelabuhan Malaka sebagai pusat perdagangan.



Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :

Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, membangun benteng di Ternate



Reaksi Masyarakat :

Awalnya diterima dengan baik kedatangan Portugis dan mendukung Sultan Ternate, tetapi akhirnya terjadi perlawanan terhadap Portugis yang bertindak sewenang-wenang



SPANYOL

Tahun Kedatangan :

1521



Tempat/Daerah :

Pantai Tidore, Maluku



Tujuan :

Menyebarkan agama dengan strategi misionaris



Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :

Meletakkan dasar-dasar agama di Ambon, Ternate dan Morotai



Reaksi masyarakat :

Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat



BELANDA

Tahun Kedatangan :

1596



Tempat/Daerah :

Pelabuhan Banten



Tujuan :

Mencari daerah penghasil rempah-rempah



Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :

Pembentukan VOC, pembentukan pemerintahan kolonial Belanda



Reaksi Masyarakat :

Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat


Kunci Jawaban Tematik Halaman 9
Ayo Menulis

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).



Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Jawab:

Gold : Adanya keinginan untuk mencari kekayaan

Gospel : Adanya keinginan untuk menyebarkan agama

Glory : Adanya keinginan untuk mencari kejayaan



Tuliskan pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut

Jawab:

Tidak setuju dengan semboyan 3G



Sangat tidak setuju, dikarenakan akibat semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, diantaranya :



  1. Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akibat yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia
  2. Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia
  3. Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi


Kunci Jawaban Tematik Halaman 10
Ayo Berlatih

Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!



Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan MENOLAK kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.

Penjajah MENYENGSARAKAN kehidupan rakyat Indonesia

Sikap para penjajah awalnya BAIK. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu MENINDAS DAN KEJAM


Ayo Membaca


Sifat-Sifat Benda

Benda-benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga, yaitu benda padat, cair, dan gas. Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Mengapa kamu perlu mengetahui sifat-sifat benda? Salah satu manfaat mengetahui sifatsifat benda ialah kita akan tahu cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita.



Salah satu wujud benda adalah padat. Kamu pasti memiliki banyak benda di sekitarmu yang berwujud padat. Kamu dapat memegangnya, dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk aslinya. Benda padat yang ada di sekitarmu dapat diubah dengan beberapa perlakukan seperti diberi panas, diberi tekanan tinggi, atau diberi perlakuan fisik seperti menggunting, menekan, melipat, atau menyobek.




Wujud berikutnya adalah cair. Benda-benda cair dapat ditemui dengan mudah di sekitarmu. Air merupakan zat penting dalam kehidupan makhluk hidup yang berwujud cair. Benda cair yang ada di rumahmu biasanya berada dalam sebuah wadah seperi bak kamar mandi, baskom, gelas, atau ketel air. Perhatikanlah bahwa ketika benda cair itu dipindahkan, ia akan berubah mengikuti wadahnya. Jika wadahnya berlubang, benda cair itu akan segera mengalir ke luar dari wadahnya. Jika kamu melihat sungai atau air terjun, air yang ada di dalam badan sungai akan mengalir dari tepat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair juga dapat merambat melalui serat-serat halus dari bahan seperti bahan kain. Benda cair mengisi rongga kecil atau pori-pori bahan tersebut.




Wujud benda yang lain adalah gas. Manusia dapat memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya pada saat bernapas. Manusia menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida. Dengan cara meniup, kamu dapat membuat sebuah balon mengembang. Dengan meniup, kamu juga dapat menggerakkan selembar kertas di tanganmu. Kamu dapat mencium bau napasmu sendiri. Kamu pun dapat mencium bau-bau lainnya yang berupa gas. Dengan memahami sifat gas, manusia menciptakan parfum atau minyak wangi untuk menyebarkan bau dari gas yang dikeluarkan dari wadah parfum tersebut. Namun, apakah kamu dapat melihat wujud gas dengan mata telanjang? Dapatkah kamu mengubah bentuknya?


Kunci Jawaban Tematik Halaman 13, 14, 15, 16

Diskusikan:

1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?

Jawab:

Ya, berubah ujung pensilnya setelah diraut



2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?

Jawab:

Ya, berubah bentuk setelah digosokkan



3. Apakah kesimpulanmu?

Jawab:

Suatu benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu, seperti diberi panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan secara fisik (menggunting, menekan, melipat/menyobek)

Percobaan 2

Alat dan Bahan
  • gelas yang diisi air 3/4 tinggi gelas
  • wadah lain yang transparan
  • nampan atau papan kayu
Langkah Kegiatan

  1. Letakkan gelas yang berisi air pada permukaan yang rata. Amati dan gambarlah.
  2. Letakkan gelas tersebut di atas nampan atau papan kayu. Perlahan, miringkan nampan atau papan kayu tersebut dan jagalah jangan sampai isi gelas tumpah. Perhatikan dengan saksama, lalu gambarlah. Bandingkan dengan gambar sebelumnya.
  3. Pindahkan air di dalam gelas ke dalam wadah yang lain. Perhatikan apa yang terjadi. Gambarlah.
  4. Tuangkan air tersebut ke atas tanah. Perhatikan apa yang terjadi. Catatlah.

Diskusikan:

1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum maupun sesudah dimiringkan?

Jawab:

Tetap mendatar bentuk permukaan airnya, baik sebelum maupun sesudah dimiringkan



2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?

Jawab:

Maka bentuk dari air mengikuti wadahnya

3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?

Jawab:

Sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah


4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? kemanakah air itu mengalir?

Jawab:

Air akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah, sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis

5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?

Jawab:

Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah



6. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?

Jawab:

Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)



7. Apakah kesimpulanmu?

Jawab:

Bahwa sifat dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta meresap melalui pori-pori/celah-celah

Percobaan 3

Alat dan Bahan
  • gelas plastik
  • ember
  • air
  • buku catatan


Langkah Kegiatan



  1. 1. Isilah ember air sampai 3/4-nya.
  2. 2. Masukkan gelas ke dalam ember dengan posisi menelungkup. Perhatikan apa yang terjadi.
  3. 3. Miringkanlah gelas perlahan-lahan di dalam ember. Amati apa yang keluar dari gelas tersebut.
Diskusikan

1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa

Jawab:

Gelas akan terangkat kembali, karena mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut

2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?

Jawab:

Akan keluar gelembung udara, karena dalam gelas berisi udara yang terperangkap

3. Apakah Kesimpulanmu dari percobaan ini?

Jawab:

Bahwa sifat benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster.

Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri.



kunci jawaban tematik



Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Halaman 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca.
 

alvina

Member
Kunci Jawaban Halaman 99, 102-103, 104, 107, 108-109, 110 Kelas 5 Tema 7 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 99, 102-103, 104, 107, 108-109, 110 - Kunci Jawaban Soal Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Pembelajaran 3

Kunci Jawaban kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3
Seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita Proklamasi Kemerdekaan. Peristiwa-peristiwa heroik pun terjadi di berbagai daerah. Pembacaan teks Proklamasi memicu semangat pejuang-pejuang bangsa mengusir penjajah. Dalam peristiwa pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ada dua tokoh penting yang mewakili seluruh rakyat Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Kedua tokoh tersebut dikenal sebagai Proklamator.

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 99)
Ayo Menulis
Pahamilah bacaan di atas! Tuliskan informasi penting dalam bacaan ke dalam kolom-kolom berikut dengan menggunakan prinsip : apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!
kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 99


Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 102-103)

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Bagaimanakah reaksi rakyat Indonesia menyambut Proklamasi Kemerdekaan?
Alternatif Jawaban :
Terjadinya berbagai tindakan heroik mendukung Proklamasi dan berbagai usaha menegakkan kedaulatan terjadi di berbagai daerah.

2. Apa yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya pada tanggal 19 September 1945?
Alternatif Jawaban :
Peristiwa di mana orang Belanda mengibarkan bendera Belanda, yaitu merah, putih dan biru di atap hotel Yamato Surabaya. Rakyat marah, kemudian rakyat menyerbu masuk hotel, menurunkan dan merobek warna biru bendera, sehingga tersisa warna merah dan putih untuk kemudian dikibarkan kembali menjadi bendera merah putih


3. Peristiwa apa yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Muda di Semarang?
Alternatif Jawaban :
Pada tanggal 15 Oktober 1945, pasukan Jepang melakukan serangan ke kota Semarang dan dihadapi oleh TKR dan laskar pejuang lainnya. Pertempuran berlangsung selama lima hari. Akibat pertempuran ini, ribuan pemuda gugur dan ratusan tentara Jepang tewas.

4. Mengapa pemuda Bali melakukan perlawanan terhadap Jepang?
Alternatif Jawaban :
Karena pihak Jepang selalu menghambat upaya perundingan untuk menegakkan kedaulatan RI

5. Apa yang dilakukan oleh rakyat Kalimantan dalam menyambut Proklamasi Kemerdekaan?
Alternatif Jawaban :
Dengan cara rakyat Kalimantan juga berusaha kemerdekaan dengan cara mengibarkan bendera Merah Putih, memakai lencana Merah Putih, dan mengadakan berbagai rapat.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan kelompokmu, tentukan kota-kota atau daerah-daerah yang melakukan tindakan heroik menyambut Proklamasi Kemerdekaan pada peta buta di bawah ini. Berilah tanda merah 🔴 pada kota dan daerah yang kamu tunjuk
Kunci jawaban soal tematik kelas 5 tema 7 halaman 103


Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 104)

Ayo Menulis
Mengapa rakyat di seluruh daerah di Indonesia sangat antusias mendengar dan menyambut berita mengenai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Tuliskan cerita kalian paa kolom berikut.
Alternatif Jawaban :

Seluruh rakyat Indonesiasangat antusias karena kemerdekaan adalah sesuatu yang sudah lama diidam-idamkan oleh seluruh rakyat Indonesia sejak lama, terbebas dari penderitaan akibat penjajahan. Proklamasi merupakan sarana pintu gerbang pengakuan kemerdekaan Indonesia, oleh karena seluruh rakyat Indonesia bersatu padu berusahan mewujudkannya tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan. Semua bercampur menjadi satu kesatuan dengan nama Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 107)

Ayo Mengamati
1. Ayo, amati berbagai keberagaman yang ada di kelasmu. Tuliskan pada tabel berikut.
kunci jawaban soal tematik halaman 107 kelas 5 tema 7

2. Bagaimanakah menciptakan kerukunan dalam kelasmu? Tuliskan pada kolom berikut!
Alternatif Jawaban :
  • Tidak membeda-bedakan teman karena agama, suku, ras atau status sosial
  • Saling menghormati dan menghargai
  • Siswa yang lebih tua melindungi siswa yang lebih muda. Siswa yang lebih muda menghormati siswa yang lebih tua
  • Saling tolong menolong antar teman
  • Menanamkan pada diri setiap siswa, bahwa perbedaan adalah anugerah

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 108-109)

Ayo Berlatih
Untuk mengetahui pentingnya persatuan, kamu dapat mengamati masyarakat sekitar tempat tinggalmu. Kamu dapat melakukan kegiatan ini secara berkelompok

Dengan bantuan anggota keluargamu, catatlah kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat di sekitar tempat tinggalmu. Masukkan hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.
Kunci jawaban kelas 5 tema 7 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 108-109


Setelah tabel selesai kamu isi, buatlah penilaian sederhana dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah kegiatan tersebut berjalan dengan baik?
Alternatif Jawaban :
Sebagian besar kegiatan tersebut berjalan baik, hanya pertemuan warga yang kurang maksimal hasilnya, karena beberapa warga tidak menghadirinya karena kesibukan masing-masing.

2. Adakah masalah yang menghambat untuk melaksanakan kegiatan itu?
Alternatif Jawaban :
Pertemuan warga sering tidak dihadiri oleh beberapa warga, yang memang dikenal kurang bisa bersosialisasi dengan warga lain.

3. Cara apa yang ditempuh oleh masyarakat untuk mengatasi hambatan itu?
Alternatif Jawaban :
Dengan cara memberikan informasi beberapa hari sebelumnya, agar warga bisa menyesuaikan jadwal kegiatannya dengan kegiatan pertemuan warga tersebut, serta melakukan beberapa pendekatan pribadi ke orang-orang yang jarang mengikuti pertemuan, serta memberikan informasi betapa penting dan bermanfaatnya pertemuan tersebut, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

4. Apakah persatuan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan itu?
Alternatif Jawaban :
Ya, persatuan dalam masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan yang ada di masyarakat. Tanpa adanya persatuan, tujuan kegiatan tersebut akan sulit diwujudkan

5. Apakah manfaat kegiatan itu dapat dirasakan oleh masyarakat? Manfaat apa sajakah itu?
Alternatif Jawaban :
Manfaat yang bisa diperoleh warga antara lain : Timbulnya sikap kebersamaan dan kekeluargaan saat sering bertemu dalam pertemuan warga dan kegiatan kerja bakti dan siskamling. Lingkungan menjadi lebih aman dengan adanya program siskamling. Lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat dengan mengikuti program bank sampah. Saluran air akan semakin lancar jika sering dibersihkan secara gotong royong/kerja bakti, serta meminimalkan potensi banjir

Kunci Jawaban Buku Tematik (Halaman 110)
kunci jawaban halaman 99-110 kelas 5 tema 7 pb 3


Gunakanlah hasil pengamatanmu sebagai bahan untuk membuat laporan. Kemudian, presentasikan hasil laporanmu di depan guru dan teman-temanmu

LAPORAN HASIL PENGAMATAN
Nama Kegiatan : Membersihkan jalur saluran air kampung
Hari / Tanggal : .......
Tempat : .....
Anggota : ...........

Kesimpulan Hasil pengamatan :
Kegiatan dilakukan mulai pagi pukul 07.00, saat Matahari belum begitu panas menyinari kampung kami. Para warga berkumpul di rumah ketua RW yaitu pak . . . . .sebelum dimulai pak .... selaku ketua RW memberikan arahan dan musyawarah mengenai apa saja rencana kegiatan hari itu. Warga mendengarkan dan berdiskusi sambil menikmati makanan ringan seperti pisang goreng, singkong rebus dan lain-lain yang disajikan oleh para ibu-ibu yang sudah mempersiapkannya sejak pagi tadi. Setelah pengarahan dan musyawarah selesai, warga bergerak ke arah jalan simpang empat di Jalan . . . . . untuk mulai membersihkan saluran air. Ada yang membawa cangkul, sekop, karung, sabit, dan lain sebagainya sebagai peralatan pelengkap kegiatan kerja bakti. Pekerjaan dilakukan dengan penuh semangat dan riang gembira dan diselingi dengan perbincangan-perbincangan antar warga yang terkadang juga disisipi dengan banyolan/lawakan yang membuat warga yang mendengarnya jadi tertawa. Bekerja yang diselingi dengan gelak tawa serta kekeluargaan membuat pekerjaan berat terasa ringan. Kegiatan diakhiri saat saluran air sudah bersih dan sesuai dengan harapan warga, seperti tidak adanya kotoran-kotoran seperti sampah, rumput dan yang lain-lain di saluran air. Tepat pukul 11.00 menjelang tengah hari, warga menyelesaikan kerja bakti dan kembali ke rumah masing-masing.
 
Top