Soal Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3

alvina

Member
Soal Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3

Tema: Kayanya Negeriku
Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Soal Tematik Kelas 4 Tema 9 Subtema 3, Tema Kayanya Negeriku
Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia
Soal yang akan kita sajikan berjumlah 35 soal. Dengan rincian
a. 10 soal PKn
b. 10 soal Bahasa Indonesia
c. 10 soal IPA
d. 10 soal IPS
e. 10 soal SBdP

Semoga bermanfaat

1. Perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila keadilan sosial bagi seluruh rajyat Indonesia adalah…
a. Mencari mata air baru
b. Memakai air semaunya
c. Menghemat pemakaian air
d. Mendapatkan sumber air
2. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu upaya menjaga udara agar tetap segar. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan cara....
a. membakar sampah di hutan
b. membuang sampah pada tempatnya
c. menebang pepohonan di lingkungan rumah
d. menyimpan sarnpah hingga membusuk
3. Menjalin persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah ditunjukkan dalam bentuk tindakan...
a. bekerja sama dalam piket kelas
b. aktif dalam organisasi karang taruna
c. hidup rukun dengan tetangga
d. gotong royong membersihkan selokan
4. Contoh hak yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya air adalah ...
a. Menanam pohon di lahan yang kering dan gundul
b. Tidak membuang sampah ke sungai
c. Mematikan air keran setelah selesai mencuci piring
d. Menggunakan air sungai untuk mengairi sawah
5. Tindakan yang tepat untuk memenuhi kewajiban sebagai masyarakat yang tinggal didekat lereng rawan tanah longsor adalah ...
a. Membiarkan saja
b. Menanam kembali hutan yang gundul
c. Lapor ke polisi hutan
d. Mengambil sisa kayu
6. Berikut ini yang termasuk contoh kewajiban bagi warga terhadap air bersih adalah ....
a. Menggunakan air untuk minum
b. Memakai air untuk mandi sehari-hari
c. Memakai air untuk mencuci baju
d. Menjaga kebersihan sumber-sumber air
7. Menikmati lingkungan segar merupakan ……… terhadap lingkungan *
a. Kehidupan
b. Hak
c. Perilaku
d. Kewajiban
8. Contoh kewajiban manusia terhadap lingkungan adalah ……… *
a. Membuang limbah detergen ke sungai
b. Membuang sampah ke sungai agar halaman tetap bersih
c. Menebang semua pohon yang ada di pinggir jalan
d. Menanam pohon di pinggiran sungai
9. Kewajiban manusia terhadap hutan adalah …… *
a. Reboisasi atau menanam pohon di hutan atau tanah yang gersang atau gundul.
b. Memanfaatkan hasil hutan untuk kebutuhan sehari-hari
c. Mendapatkan oksigen yang dihasilkan pohon di hutan
d. Mendapatkan udara yang sejuk
10. Melaksanakan kewajiban secara sadar bersama-sama dapat menumbuhkan rasa … dan … *
a. Persatuan dan kesatuan
b. perhatian dan tanggung jawab
c. Iba dan peduli
d. Tidak mudah putus asa dan mandiri
Bahasa Indonesia
1. Setelah belajar Mahda selalu memadamkan lampu belajarnya. Pada malam hari, di kamarnya yang menyala hanyalah lampu tidur. Ketika mandi pun, Mahda tidak suka berlama-lama. Dia menggunakan air secukupnya.Tema dari cerita di atas adalah …. *
a. hidup hemat
b. pendidikan
c. Pemborosan
d. hidup sederhana

2. Orang yang memberikan informasi dalam sebuah wawancara disebut… *
a. Narator
b. Wartawan
c. Moderator
d. Narasumber
3. Setelah selesai melakukan wawancara, yang kita lakukan kemudian adalah membuat …… *
a. Biodata narasumber
b. Cerita
c. Laporan hasil wawancara
d. Topik wawancara
4. Salah satu cara mencegah terjadinya banjir adalah dengan tidak membuang sampah ke sungai. Pertanyaan wawancara yang sesuai dengan jawaban di atas adalah …. *
a. apakah cara mencegah terjadinya banjir?
b. bagaimana cara mencegah terjadinya banjir?
c. kenapa cara mencegah terjadinya banjir?
d. mengapa cara mencegah terjadinya banjir?
5. Topik yang tepat untuk mewawancarai dokter adalah ... *
a. Kebakaran dikawasan pertokoan
b. Bencana banjir yang melanda surabaya
c. Penebangan hutan jati secara liar
d. Cara mencegah virus corona
6. Mahda ingin menemui seorang narasumber ahli energi. Ia ingin mengetahui penggunaan sumber energi di Indonesia. Pertanyaan yang tepat adalah ... *
a. Siapa yang berhak untuk mengelola sumber energi di Indonesia?
b. Energi apa saja yang dapat dimanfaatkan di Indonesia?
c. Bagaimana mengelola sumber energi agar tidak cepat habis?
d. Apakah penjualan sumber energi dapat menguntungkan?
7. Orang yang tepat dijadikan narasumber dalam wawancara adalah orang yang ….………
a. Bersedia diwawancarai
b. Ahli di bidangnya
c. Dekat dengan pewawancara
d. Mempunyai kedudukan lebih tinggi
8. Berikut yang BUKAN tahapan sebelum melakukan wawancara adalah ... *
a. Menyusun pertanyaan
b. Menentukan narasumber
c. Menentukan topik wawancara
d. Meringkas jawaban menjadi laporan

9. Berikut yang BUKAN merupakan syarat penggunaan bahasa dalam wawancara …. *
a. Ungkapan tidak berbelit-belit
b. Kata-katanya komunikatif
c. Kata-katanya jelas
d. Menggunakan istilah asing agar kelihatan pintar
10. Sosok bunga tegak, bertangkai ramping dengan spike pendek berbentuk unik dengan warna-warni yang lembut. Pertanyaan yang sesuai dengan jawaban di atas adalah …. *
a. Bagaimana karakter atau ciri-ciri bunga curcuma?
b. Bagaimanakah bentuk bunga curcuma?
c. Kelebihan apakah yang dimiliki bunga curcuma?
d. Mengapa bunga curcuma digemari banyak orang?
IPA
1. Alat pada gambar di bawah ini memanfaatkan energi alternatif, yaitu energi *

a. Biomassa
b. Biogas
c. Matahari
d. Panas bumi
2. Udza memelihara beberapa ekor sapi perah. Setiap hari Udza memperoleh produk susu. Selain itu, Nayaro dapat memanfaatkan kotoran sapi untuk menghasilkan . . *
a. biodiesel
b. Biogas
c. bensin
d. bioethanol

3. Di bawah ini yang BUKAN manfaat energi matahari bagi manusia adalah…… *
a. Membantu proses pembuatan garam
b. Membantu proses fotosintesis
c. Mengeringkan pakaian dan hasil panen
d. Membantu kesehatan tulang
4. Bentuk membatasi penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari adalah ... *
a. Mengganti atap rumah denga panel surya
b. Menggunakan air secukupnya saat mencuci pakaian
c. Membuat kincir angin dari kayu bekas
d. Mengumpulkan kotoran hewan ternak untuk membuat biogas
5. Kegiatan berikut yang tidak mengganggu keseimbangan ekosistem adalah… *
a. perburuan liar
b. penggunaan bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
c. pemukiman kumuh
d. memancing ikan di sungai
6. Mengurangi kendaraan bermotor di jalan raya dapat mengurangi ... udara *
a. Erosi
b. Uang
c. Abrasi
d. Polusi
7. Pemakaian insektisida yang berlebihan oleh petani bisa membuat populasi hama serangga menjadi sangat sedikit, namun hal ini juga dapat menyebabkan .... *
a. Populasi burung pemakan serangga berkurang karena kesulitan mencari makan
b. Hilangnya tikus-tikus sawah yang banyak selama ini berkeliaran
c. Populasi serangga menjadi semakin tidak terkendali
d. Kesuburan tanah meningkat karena terkena semprotan insektisida

8. Pemakaian pupuk kimia yang berlebihan di persawahan dalam jangka panjang bisa membuat .... *
a. Jumlah air di sawah menurun
b. Kesuburan tanah menjadi menurun
c. Sumber makanan meningkat
d. Tanah menjadi sangat gembur
9. Air merupakan salah satu sumber energi ……… *
a. Tidak dapat diperbaharui
b. Alternatif
c. Non terbarukan
d. Alam
10. Alat yang mengubah energi gerak dari air menjadi energi listrik disebut …… *
a. Aerogenerator
b. Panel surya
c. Baterai
d. Generator



IPS
1. Jenis tanaman energi yang dapat menghasilkan bahan bakar pengganti bensin adalah ... *
a. sagu
b. kelapa
c. bunga matahari
d. jarak
2. Pohon jati adalah jenis pohon yang banyak dimanfaatkan untuk bahan bangunan ataupun mebel. Pohon jati bisa mengalami kepunahan jika pemanfaatan yang dilakukan tidak disertai dengan .... *
a. Pasar jual beli kayu
b. Pembudidayaan tanaman jati
c. Pembakaran lahan bekas pohon jati
d. Pendirian pabrik kayu
3. Berikut yang BUKAN akibat dari kondisi lingkungan seperti pada gambar tersebut adalah … *

a. Hilangnya habitat hewan-hewan di hutan
b. Terjadi pengikisan tanah akibat erosi air hujan
c. Cadangan air di dalam tanah semakin bertambah
d. Sering terjadi tanah longsor
4. Hasil olahan minyak bumi yang dimanfaatkan untuk memasak adalah ... *
a. Gas elpiji
b. Bensin
c. Solar
d. Avtur
5. Menangkap dan menjual ikan dari hasil tangkapan merupakan hak masyarakat yang tinggal di wilayah ... *
a. Dataran tinggi
b. Pantai
c. Daratan
d. Pegunungan
6. Hasil hutan yang digunakan untuk membuat anyaman selain bambu adalah …. *
a. karet
b. cendana
c. rotan
d. pinus
7. Bahan bakar minyak seperti bensin dan solar perlu kita gunakan dengan bijak dan hemat, salah satunya karena sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan ..... *
a. Sulit dimanfaatkan ke depan
b. Dapat diciptakan dengan mudah
c. Tidak dapat diperbaharui
d. Dapat diperbaharui
8. Air bersih sangat penting bagi kehidupan manusia, hal dibawah ini yang termasuk upaya dalam mencegah kelangkaan air bersih adalah .... *
a. Membendung semua sungai agar tidak mengalir
b. Tidak membuang air ke sungai
c. Tidak menggunakan air ketika kemarau
d. Menanam banyak pohon

9. Manusia memanfaatkan komponen abiotik, yaitu *
a. Melakukan usaha tambak udang
b. Melakukan penggalian tanah untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan
c. Manusia beternak ayam dan bebek
d. Melakukan pengembangbiakan ulat sutera
10. Konservasi adalah …… *
a. Pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian
b. Kegiatan mengembangbiakkan hewan penyu
c. Kebun pengembangan kebun koleksi
d. Kebun untuk kumpulan tumbuh-tumbuhan dari berbagai daerah untuk kegiatan konservasi, penelitian, dan rekreasi

SBdP
1. Tempo yang cepat atau sedang sesuai untuk lagu yang berisi ………… *
a. Kehilangan
b. Perjuangan
c. Keceriaan
d. Kesedihan
2. Lagu Aku CInta Lingkungan diciptakan oleh… *
a. Ibu Sud
b. AT Mahmud
c. Papa T Bob
d. Ully Gari Rusady
3. Nada dasar lagu "Aku Cinta Lingkungan" adalah.... *
a. do=f
b. do=g
c. do=c
d. do=d
4. Lagu “Memandang Alam” dinyanyikan dengan tempo …. *
a. cepat
b. agak lambat
c. lambat
d. sedang
5. Ketukan dasar yang menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit disebut …. *
a. ritme
b. beat
c. frekuensi
d. notasi
6. Apa yang dimaksud dengan nada dasar? *
a. nada yang ada dalam lagu ceria
b. nada rendah yang tersusun di tangga nada
c. nada paling bawah dalam urutan tangga nada
d. nada pertama yang dijadikan sebagai dasar dalam menentukan tangga nada
7. 6 1 4 2 3 5 . Urutkan nada disamping dari nada rendah ke nada tinggi ……… *
a. 1 2 3 4 6 5
b. 1 2 3 4 5 6
c. 1 3 4 2 5 6
d. 1 3 4 2 6 5
8. Rangkaian dari beberapa nada atau sejumlah nada menurut tinggi rendahnya yang berbunyi, tinggi rendah nada dinamakan dinamakan ….. *
a. Harmoni
b. Melodi
c. intonasi
d. Timbre
9. Makna lagu Memandang Alam adalah ……… *
a. Keindahan sungai
b. Pemandangan di gunung
c. Keindahan lingkungan alam
d. Suasana yang cerah
10. Birama lagu Memandang Alam adalah …… *
a. ¾
b. 4/4
c. 1/4
d. 2/4
 

alvina

Member
Kunci Jawaban Halaman 34, 35 Kelas 4 Tema 9 Buku Tematik Siswa

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 34, 35 - Jawaban Buku Paket Siswa Tematik, untuk Kelas 4 SD Semester 2. Selamat datang kembali di blog Tematik ini, kami akan memberikan kunci jawaban mengenai Buku Paket Siswa Tematik Semester 2 Kelas 4 SD khususnya pada Tema 9 KayanyaNegeriku Subtema 1 temanya adalah tentang Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dalam pembelajaran 5 ini tentang Kegiatan Ekonomi Berdasar Sumber Daya Alamnya.

Pada Buku Paket Siswa Tematik Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 34-35

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 5

Ayo Membaca

Beni begitu kagum akan semangat para petani. Para petani bekerja keras mengolah tanah dan menanam berbagai jenis tanaman. Mereka bekerja keras memenuhi kebutuhan makanan untuk manusia.

Menjadi petani banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pegunungan, dataran tinggi, dan dataran bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan masyarakat luas. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan daerah dan sumber daya alam dengan aktivitas manusia. Kegiatan ekonomi masyarakat sangat tergantung kepada sumber daya alam yang dimiliki daerahnya. Sebagai contoh, masyarakat di pedesaan memanfaatkan tanahnya untuk ditanami berbagai tanaman pertanian dan perkebunan. Sebaliknya dengan masyarakat di daerah di pesisir pantai. Sebagian besar kegiatan ekonominya mengandalkan hasil perikanan laut.

Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 34
Ayo Berlatih
  1. Kumpulkan informasi tentang aktivitas ekonomi yang ada di lingkungan daerah tempat tinggalmu!
  2. Kelompokkan aktivitas ekonomi tersebut berdasarkan lingkungan alam yang cocok.

kunci jawaban halaman 34 tema 9 kelas 4


Kunci Jawaban Buku Tematik Halaman 35
Ayo Renungkan

Kunci Jawaban Halaman 35 Buku Kelas 4 Tema 9


1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Belajar Kegiatan Ekonomi Berdasar Sumber Daya Alamnya
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Mengetahui berbagai kegiatan ekonomi di beberapa daerah di Indonesia
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan unruk memanfaatkan Sumber Daya Alam sekitar untuk menggerakkan Ekonomi Daerah
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Terus belajar dan menggali informasi mengenai ekonomi yang berdasarkan Sumber Daya Alam

Demikianlah portingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 34, 35 Kelas 4 Tema 9 Buku Tematik Siswa. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
 
Top