Tema 3 Tugasku Sehari-hari, SD/MI Kelas 2 Kurikulum 2013

alvina

Member
Kalau di atas sudah muncul Buku Sekolah Elektroniknya, tunggu sampai tampil sempurna/ dapat discroll. Tanda sudah siap dibaca, jika sudah muncul tanda hitam berpanah putih di pojok kanan atas seperti ditunjukkan di kotak merah pada gambar di bawah ini. Supaya muncul tanda: arahkan mouse ke arah itu untuk di laptop, kalau di HP biasanya sudah muncul langsung jika buku sudah siap dibaca.

Buku Sekolah Elektronik di atas lengkap semua halaman bisa dibaca. Jika masih belum tampil silahkan halaman direfresh ulang. Tidak tampilnya buku bisa jadi karena signal kurang, atau device (laptop/HP) memory nya penuh.

Buku Sekolah Elektronik di atas diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sama persis dengan yang ada di sekolah dalam bentuk cetak.

Ini adalah solusi jika adik-adik sedang tidak ada di rumah, dan mau belajar tapi lupa bawa Buku. Atau bisa saja dari rumah sengaja tidak bawa Buku karena berat. Apalagi kalau harus membawa lebih dari 5 Buku – – misalnya karena sedang libur ke kampung halaman.
 

alvina

Member
Belajar Tematik Kelas 2 Tema 3 “Tugasku Sehari-hari” Disertai Latihan Soal Online

Kita hidup sehari-hari di rumah, sekolah, tempat bermain, dan dimanapun itu dalam masyarakat selalu berinteraksi dengan sesama makhluk. Kita harus bisa menempatkan diri dengan baik. Bagaimana kita bersikap dan berbuat adalah cerminan kepribadian kita.

Orang tua yang merawat kita sampai kita besar seperti ini karena mereka selalu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik. Masyarakat sekitar kita bisa hidup rukun, damai, dan sehat karena mereka juga melaksanakan tugas-tugas mereka. Kita sebagai anak juga mempunyai tugas-tugas yang harus dikerjakan untuk membantu diri kita dan orang-orang di sekitar kita hidup sehat dan bahagia.

Ketika di rumah, kita harus bisa membantu orang tua untuk menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya. Kita juga harus menjaga kebersihan diri kita agar kita tidak sakit. Kita juga harus rajin beribadah agar kehidupan kita lebih bahagia dan penuh keberkahan.

Belajar tema 3 ini akan membahas bagaimana kita melaksanakan tugas-tugas kita dengan menyenangkan sehingga mendatangkan banyak kebahagiaan. Ada tiga media pembelajaran di laman ini, yaitu: buku digital yang bisa dibaca kapan saja dan di gawai apa saja, video pembelajaran dari guru-guru hebat di Indonesia, dan latihan soal yang dibuat oleh kakak-kakak kita dari Universitas Negeri Surabaya.

Media pembelajaran ini dibuat untuk mempermudah peserta didik belajar dengan mudah dan menyenangkan. Bagi para orang tua juga dapat digunakan untuk membantu anak-anaknya dalam belajar di rumah.

Buku digital tema 3 ini bisa dibaca secara online dengan ukuran yang lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline pun sudah disiapkan tautan downloadnya. Juga saya sediakan dengan ukuran yang lebih kecil sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat diunduh, dan tidak banyak memakan ruang penyimpanan gawai.
 

alvina

Member
UTS Kelas 2 SD Tematik Tema 3 Dan Tema 4


Berikut ini saya sisipkan soal soal yang sesuai dengan perkembangan anak saya yang sekarang kelas 2, dimana sekolah tersebut sudah menggunakan Tematik (kurikulum 2013).
Bapak/Ibu/Saudara yang sibuk mempersiapkan ulangan untuk anak-anaknya atau bapak ibu guru yang sedang mencari soal-soal UTS Khusnya Kelas 2 yang menggunakan Tematik Kurikulum 2013, berikut ini saya sisipkan beberapa soal, semoga soal-soal berikut berguna untuk anak dan murid yang bapak ajar.

SOAL ULANGAN SEMESTER I
TEMATIK KELAS II
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Nama : …………………………..
Kelas : 2
Semester : 1 (satu)
Hari/Tanggal :
Tema 1 : Hidup Rukun
Sub Tema : 3. Hidup Rukun di Sekolah
: 4. Hidup Rukun di Masyarakat
Petunjuk :
1. Tuliskan nama di atas sudut kanan atas
2. Tulisan harus jelas, rapih dan bersih
3. Periksalah dahulu pekerjaanmu sebelum di serahkan kepada guru.

1.
2.
3.
  1. 275 = ….. ratusan + ….. puluhan + ….. satuan7. 400 + 40 + 4 = ….
  2. Tentukanlah bilangan yang hilang.!14, 24, 34, 44, 54, 64, ….. 84 94
    9. Urutkan bilangan-bilangan di bawah ini dari yang terkecil sampai yang terbesar.!
    145, 125, 135, 155, 115
    …., ….., ….., ….., ……
    10. Urutkan bilangan-bilangan di bawah ini dari yang terbesar sampai yang terkecil.!
    145, 125, 135, 155, 115
    …., ….., ….., ….., ……
  1. Apa judul puisi di atas? ….12. Huruf besar apa saja yang terdapat pada puisi di atas? ….
    Tulis ulang kedalam huruf sambung, bait ke-2 pada puisi diatas!
    13. Tak hanya bersama dalam suka
    14. Dalam duka pun kami bersama
    15. Saling menghibur dalam duka
    16. Agar duka menjadi bahagia
  1. Ceritakan gambar di atas menggunakan bahasamu sendiri.!18. Apakah kegiatan gotong royong dapat dilakukan oleh warga yang tidak rukun?
    19. Tuliskan contoh kalimat permohonan maaf apabila kamu tidak dapat mengikuti kegiatan gotong royong!
    20. Gotong royong artinya? ….
  2. Apa yang sedang dilakukan oleh para siswa?….
  1. Bagaimana pekerjaan jika di kerjakan bersama-sama? ….
  1. Satu pekerjaan di kerjakan bersama-sama disebut? ….
Udin berasal dari Sunda, Ela berasal dari Jawa, Edo berasal dari Papua, Siti berasal dari Aceh, Lina berasal dari Manado, Mamat berasal dari Jakarta, tetapi mereka hidup rukun.
24. Apakah kamu hidup rukun dengan sekelasmu? ….
25. Tuliskan siapa saja nama teman sekelompokmu? ….
26. Beasal dari mana saja teman sekelompokmu?…..
  1. Apa judul lagu di atas? ….
  2. Badu membuang sampah ke selokan, Udin melihat apa yang di lakukan Badu.
    Sebaiknya apa yang Udin katakan? ….

    29. Apakah kamu suka bergotong-royog membersihkan kelas? ….
    30. Siapa saja kelompok piket mu? ….
SOAL ULANGAN SEMESTER I
TEMATIK KELAS II ( TEMA 2 )
TAHUN PELAJARAN 2014-2014
Nama : ………………………………
Kelas : 2 (dua)
Semester : Ganjil
Tema 2 : Bermain Dilingkungan
Hari/tanggal :
Petunjuk :
1.Tuliskan nama sudut kanan diatas
2. Tulisan harus jelas
3. Periksalah dahulu pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada guru.
1. Ani membeli 3 kotak pensil warna. Tiap kotak berisi 6 batang. Ada berapa batang pensil warna seluruhnya? 3 kotak dikali 6 batang per kotaknya = ……. batang pensil
3 x 6 =….
  1. Ada 4 tempat yang berisi bola kasti. Tiap tempat berisi 2 bola kasti. Berapa jumlah total bola kasti yang ada….4 x 2 =…
  2. 13 + 2 =… + 134. 17 + 4 = 20 + …
    5. 15 +…=17 +..
    .
    6. 5 x….= 10
  1. 4 orang x 2 kelompok =…
    8. …+ 42= 63
    .
    9. 42 x 32 =….
  1. 35 + ….= 50
SOAL ULANGAN SEMESTER I
TEMATIK KELAS II ( TEMA 3 )
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Nama : …………………………
Kelas : 2 (dua)
Semester : Ganjil
Hari/tanggal :
Petunjuk :
1.Tuliskan nama sudut kanan diatas
2. Tulisan harus jelas
3. Periksalah dahulu pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada guru.
1.Berilah tanda centang (ѵ) untuk kegiatan yang diperbolehkan setelah bermain bola kasti, atau tanda silang (х ) untuk kegiatan yang tidak diperbolehkan setelah melakukan permainan bola kasti! Sekarang kamu ceritakan di depan teman-temanmu tentang kegiatan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan setelah bermain kasti !
  1. Sekarang kamu gambarkan jarum jam (panjang dan pendek) sehingga menunjukkan waktu yang ada!
Ibu itu memasak 04.00
Siti Salat Zuhur pukul 12.00.
  1. Tuliskan Waktu yang ditunjukan jam berikut !
  1. Pasang nama dokumen berikut dengan gambar yang tepat
5 . Sekarang Kamu tulis waktu yang dilakukan siswa pada hari senin
  1. Buatlah jadwal tugas disekolah
  2. Tuliskan jam sesuai gambar dibawah ini !
  3. Coba Kamu lengkapi tabel berikut !
9.
  1. Tuliskan sila pada lambang berikut ini !
  2. Kegiatan apa yang dilakukan pada gambar dibawah ini !
12.Tuliskan sila pada lambang berikut ini !
  1. Gerakan anggota tubuh apa yang dilakukan pada gambar dibawah ini !
  1. .Tuliskan sila pada lambang berikut ini !
15.Gerakan anggota tubuh apa yang dilakukan pada gambar dibawah ini !
SOAL ULANGAN SEMESTER I
TEMATIK KELAS II ( TEMA 4)
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Petunjuk :
1.Tuliskan nama sudut kanan diatas
2. Tulisan harus jelas
3. Periksalah dahulu pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada guru.
1. Pilih nilai uang di bawah ini dua ratus rupiah ….
a
b.
c
  1. Jumlah uang dibawah ini adalah …. rupiah
  2. Rp 300
    b. Rp 400
    c. Rp 500
  3. Gambar di bawah ini adalah…
  4. Ditulis Rp 200
    Nilainya: Dua ratus rupiah
    b. Ditulis Rp 500
    Nilainya: Lima ratus rupiah
    c. Ditulis Rp 1000
    Nilainya: Seribu rupiah4. Jumlah nilai uang dibawah ini adalah … rupiah
  5. Rp 300
    b. Rp 400
    c. Rp 5005. 1 keping Lima ratusan = ….. Keping Seratusan

    a. 4 ( 100+100+100+100)
    b. 5 ( 100+100+100+100+100)
    c. 6 ( 100+100+100+100+100+1000)
    6 . Kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh siswa…………………
    a. Bermain
    b. Upacara
    c. Berolahraga
  6. Dayu anak yang rajin, Dayu selalu …a. Bermain
    b. Becanda
    c. membantu ibu

    8. Kegiatan apa yang dilakukan oleh anak-anak bawah ini…
    a. Main kelereng
    b. Balap karaung
    c. Bermain bola
    9.Bunyi sila ke-3 pada pancasila adalah…
    a. ketuhanan yang Maha Esa
    b. Persatuan indonesia
    c. Kemanusian yang adil dan beradab
    10. Dimana siswa melaksanakan kegiatan piket Pada gambar dibawah ini…
    a. Dirumah
    b. Didalam Kelas
    c. Dihalaman sekolah
  1. Taman KelasDi taman ada tanaman bunga.
    Ada juga tanaman obat keluarga seperti kunyit dan
    kencur.
    Dayu dan Lani memupuk tanaman agar tetap subur.
    Terlihat juga Edo sedang mencangkul pinggir pagar
    taman.
    Ini berguna agar taman tidak tergenang air.
    Air yang tergenang akan membuat tanaman mati.
    Karena menyerap air terlalu banyak
    .
    Pada cerita di atas apa yang sedang dilakukan edo….
    a. Menyiram tanaman
    b. Memupuk Tanaman
    c. Mencangkul

    12. Dayu dan lani memupuk tanaman, Tanaman dipupuk agar…
    a. Subur
    b. Mengering
    c. Mati
    13. Gambar rantai di bawah ini melambangkan …
  1. Ketuhanan yang Maha Esa
    b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    c. Persatuan Indonesia
  1. Nilai uang dibawah ini adalah …
  1. Lima Puluh Rupiah
    b. Lima Ratus Rupiah
    c. Lima Ribu Rupiah
  2. Gambar dibawah ini ditulis …
  3. Rp. 1.000
    b. Rp. 2.000
    c. Rp. 5.000
  1. Jumlah uang dibawah ini adalah …
  2. Rp. 2.000
    b. Rp. 3.000
    c. Rp. 4.000
  1. Jumlah uang dibawah ini adalah ….a. Rp. 2.000
    b. Rp. 3.000
    c. Rp. 4.000

    18. 1 Lembar ribuan + 1 keping lima ratusan = ….
  1. Rp. 1.000
    b. Rp. 1.500
    c. Rp. 2.000
  2. 1 Lembar ribuan + 2 keping lima ratusan = ….a. Rp. 2.000
    b. Rp. 3.000
    c. Rp. 4.000

    20. 4 Lembar seribuan = …….. Lembar dua ribuan
  3. 1 Lembar dua ribuan
    b. 2 Lembar dua ribuan
    c. 3 Lembar dua ribuan21. Haraga buku = Rp. 2.000
    Haraga pensil = Rp. 1.000
    Haraga penghapus = Rp. 1.000
    Jumlah =Rp….

    22. Haraga Penggaris = Rp. 1.000
    Haraga pensil = Rp. 1.000
    Mutia membeli 2 penggaris dan 1 buah pensil , berapakah uang yang harus dibayarkan oleh mutia …..
1 buku gambar = Rp. 2.000
1 set pensil warna = Rp. 2.000
Berapa harga buku dan pensil =….
  1. Berapa jumlah uang di bawah ini ….25. Tuliskan sila ke-1 ….
    26. Persatuan Indonesia
    Tulislah kedalam huruf sambung
  2. 1 Lembar Lima ribuan = …….. Lembar seribuan28.
    Ditulis :……………………………….
    Nilainya:………………………….
  3. Berapakah jumlah uang di bawah ini…30. Kelas melaksanakan kegiatan gotong royong di dalam kelas, apa nama kegiatan tersebut…
…………………………………………………………..
 

alvina

Member
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 2 Tema 3 Edisi Revisi 2017 Untuk Guru dan Siswa

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di tahun pelajaran 2017/2018 bagi sekolah/madrasah yang telah menerapkan kurikulum 2013 dapat menggunakan buku guru maupun siswa edisi revisi tahun 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 2017 untuk SD/MI Kelas 2 Tema 3 Tugasku Sehari-hari yang dapat Anda baca dan unduh langsung pada bagian akhir artikel ini.
Buku ini disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

Buku ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.
 
Top